Cara Membuat Website Dua Bahasa dengan WordPress

Pendahuluan

Pembuatan sebuah website menjadi salah satu langkah penting dalam menghadirkan brand atau informasi ke dunia digital. Dalam beberapa kasus, penting bagi sebuah website untuk mendukung lebih dari satu bahasa agar dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk membuat website dua bahasa menggunakan platform WordPress.

Apa itu Website Dua Bahasa?

Website dua bahasa adalah sebuah situs web yang ditampilkan dalam dua bahasa yang berbeda secara paralel. Dalam hal ini, konten dan informasi yang sama akan disajikan dalam dua bahasa yang berbeda, biasanya dalam bahasa asli dan bahasa internasional yang paling umum digunakan, seperti bahasa Inggris. Tujuan dari website dua bahasa adalah untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada pengunjung dari berbagai latar belakang bahasa dan budaya.

Manfaat Website Dua Bahasa:

1. Menjangkau Audiens Global:

Dengan memiliki website dua bahasa, Anda dapat menjangkau audiens internasional dengan lebih efektif. Ini memberikan peluang bagi bisnis Anda untuk menarik pelanggan dari berbagai negara dan budaya yang berbeda, membuka pintu bagi ekspansi bisnis global Anda.

2. Memperkuat Citra Profesional:

Website dua bahasa mencerminkan profesionalisme dan komitmen Anda dalam memberikan pengalaman terbaik kepada pengunjung. Dengan memberikan konten dalam bahasa yang mereka pahami, Anda menunjukkan keseriusan dalam berkomunikasi dengan pelanggan potensial dan membangun kepercayaan.

3. Meningkatkan SEO:

Website dua bahasa dapat meningkatkan peringkat SEO Anda di mesin pencari. Dengan menyediakan konten dalam dua bahasa yang berbeda, Anda dapat menjangkau lebih banyak pengunjung melalui pencarian organik dan meningkatkan visibilitas online Anda di berbagai pasar.

4. Meningkatkan Tingkat Kepuasan Pengguna:

Dengan menyediakan konten dalam bahasa yang dapat mereka pahami dengan mudah, Anda meningkatkan tingkat kepuasan pengguna. Pengunjung akan merasa lebih nyaman dan terlibat dengan website Anda, yang pada akhirnya dapat menghasilkan konversi yang lebih tinggi dan pelanggan yang lebih setia.

5. Dukungan Pelanggan yang Lebih Baik:

Jika Anda memiliki pelanggan dari berbagai negara, memiliki website dua bahasa akan memudahkan dalam menyediakan dukungan pelanggan yang lebih baik. Mereka dapat dengan mudah mengakses informasi dan layanan yang mereka butuhkan dalam bahasa yang mereka pahami, mengurangi hambatan komunikasi dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Persiapan

Pemilihan tema WordPress yang mendukung multi-bahasa

Langkah pertama adalah memilih tema WordPress yang mendukung fitur multi-bahasa. Tema ini akan memudahkan Anda dalam mengatur tampilan dan konten dalam dua bahasa yang berbeda.

Berikut adalah beberapa tema WordPress yang mendukung dua bahasa:

1. Astra: Tema yang ringan dan responsif ini mendukung integrasi dengan plugin multi-bahasa seperti WPML dan Polylang. Astra memiliki opsi untuk mengatur terjemahan konten dan menyesuaikan tata letak dalam bahasa yang berbeda.

2. OceanWP: Tema yang fleksibel dan SEO-friendly ini juga menyediakan fitur untuk menerjemahkan konten ke dalam bahasa yang berbeda. OceanWP bekerja dengan plugin multi-bahasa populer seperti WPML, Polylang, dan Loco Translate.

3. Neve: Tema yang cepat dan dioptimalkan untuk performa ini juga mendukung website dua bahasa. Neve bekerja dengan plugin WPML dan Polylang untuk mengatur terjemahan konten dan membuat halaman-halaman dalam dua bahasa.

4. GeneratePress: Tema yang ringan dan mudah disesuaikan ini memiliki fitur untuk mengatur konten dalam berbagai bahasa. GeneratePress berintegrasi dengan plugin multi-bahasa seperti WPML dan Polylang.

5. Divi: Tema populer ini memiliki kemampuan untuk membuat website dalam dua bahasa. Divi menyediakan fitur terjemahan konten dan mengatur halaman-halaman dalam berbagai bahasa dengan menggunakan Divi Builder.

6. The7: Tema serbaguna ini menyediakan opsi untuk membuat website dua bahasa dengan menggunakan plugin multi-bahasa seperti WPML. The7 juga memiliki fitur untuk mengatur tata letak dan konten dalam bahasa yang berbeda.

Pastikan untuk memeriksa dokumentasi resmi dan ulasan pengguna sebelum memilih tema WordPress untuk memastikan bahwa tema tersebut memenuhi kebutuhan Anda dalam membuat website dua bahasa.

Instalasi WordPress dan pengaturan awal

Setelah memilih tema yang tepat, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress dan melakukan pengaturan awal seperti memasukkan judul dan deskripsi website, menentukan pengaturan bahasa utama, dan lain sebagainya.

Pemilihan dan instalasi plugin multi-bahasa

Anda perlu menginstal plugin multi-bahasa yang cocok untuk mendukung pembuatan website dua bahasa. Plugin ini akan membantu dalam menerjemahkan dan mengelola konten dalam kedua bahasa dengan mudah.

Berikut adalah beberapa plugin multi-bahasa yang populer untuk WordPress:

1. WPML (WordPress Multilingual Plugin): Plugin ini merupakan salah satu yang paling populer dan lengkap dalam mendukung pembuatan website dua bahasa. WPML menyediakan fitur penerjemahan konten, pengaturan URL yang SEO-friendly, pengelolaan menu navigasi, dan banyak lagi.

2. Polylang: Plugin yang sangat fleksibel ini memungkinkan Anda untuk membuat website dalam beberapa bahasa. Polylang menyediakan fitur terjemahan konten, pengaturan URL, pengelolaan widget, dan dukungan untuk konten kustom.

3. Weglot: Plugin ini menggunakan teknologi penerjemahan otomatis dan memungkinkan Anda untuk membuat website multi-bahasa dengan cepat. Weglot mendukung banyak bahasa dan menyediakan antarmuka yang mudah digunakan untuk mengatur terjemahan konten.

4. TranslatePress: Plugin ini memungkinkan Anda untuk menerjemahkan konten langsung dari tampilan frontend website. TranslatePress menyediakan editor visual yang intuitif dan dukungan untuk penerjemahan halaman, posting, widget, dan banyak lagi.

5. GTranslate: Plugin ini menggunakan teknologi penerjemahan otomatis dan menyediakan opsi untuk memilih dari berbagai bahasa yang didukung. GTranslate menambahkan tombol bahasa yang dapat diklik untuk mengubah bahasa tampilan website.

6. qTranslate X: Plugin ini mendukung pembuatan website multi-bahasa dengan mudah. qTranslate X menyediakan fitur terjemahan konten, pengaturan URL yang SEO-friendly, pengelolaan widget, dan banyak lagi.

Pastikan untuk memeriksa fitur-fitur dan kompatibilitas plugin dengan tema dan versi WordPress yang Anda gunakan sebelum memilih plugin multi-bahasa yang tepat untuk kebutuhan website Anda.

Membuat Struktur Halaman

Pembuatan halaman utama dengan dua bahasa

Mulailah dengan membuat halaman utama website Anda dalam dua bahasa yang diinginkan. Pastikan untuk memberikan judul dan konten yang relevan dalam masing-masing bahasa.

Pembuatan halaman-halaman tambahan dengan dua bahasa

Selain halaman utama, Anda juga perlu membuat halaman-halaman tambahan seperti halaman layanan, halaman produk, halaman blog, dan lain sebagainya. Pastikan untuk membuat versi dalam kedua bahasa agar pengguna dapat beralih dengan mudah.

Menerjemahkan Konten

Menggunakan fitur terjemahan bawaan di WordPress

WordPress memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk menerjemahkan konten secara langsung di dalam platform. Anda dapat menerjemahkan teks pada halaman, posting blog, widget, dan lain sebagainya dengan mudah.

Menggunakan plugin terjemahan untuk menerjemahkan konten

Selain fitur bawaan, ada juga plugin terjemahan yang dapat Anda gunakan untuk menerjemahkan konten dengan lebih lengkap dan lebih mudah. Plugin ini juga menyediakan fitur seperti

pengelolaan terjemahan secara terpusat dan pilihan bahasa yang lebih luas.

Tips untuk menerjemahkan dengan baik dan konsisten

Ketika menerjemahkan konten, penting untuk menjaga konsistensi dan memperhatikan nuansa bahasa. Pastikan untuk menggunakan pilihan kata yang tepat dan menyesuaikan kalimat agar tetap memiliki makna yang sama dalam kedua bahasa.

Membuat Menu Navigasi

Membuat menu navigasi untuk setiap bahasa

Buat menu navigasi terpisah untuk setiap bahasa yang Anda gunakan. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk beralih antara bahasa yang mereka inginkan.

Menghubungkan halaman-halaman dengan menu navigasi

Pastikan untuk menghubungkan setiap halaman dalam menu navigasi dengan benar, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan halaman yang diinginkan dalam kedua bahasa.

Menyesuaikan URL

Membuat URL yang SEO-friendly untuk setiap bahasa

Penting untuk memiliki URL yang mudah diingat dan SEO-friendly dalam kedua bahasa. Gunakan struktur URL yang konsisten dan jelas agar pengguna dan mesin pencari dapat dengan mudah mengidentifikasi halaman dalam setiap bahasa.

Menggunakan plugin untuk mengatur URL dengan mudah

Plugin SEO dapat membantu Anda dalam mengatur URL dengan mudah. Beberapa plugin bahkan menyediakan fitur khusus untuk mengelola URL dalam dua bahasa secara efisien.

Mengelola Media

Mengelola gambar dan video dengan dua bahasa

Jika website Anda menggunakan gambar atau video, pastikan untuk mengelolanya dalam kedua bahasa yang diinginkan. Ini termasuk memberikan deskripsi, judul, dan teks terkait dalam bahasa yang sesuai.

Menerjemahkan teks pada gambar dan video

Jika terdapat teks pada gambar atau video, pastikan untuk menerjemahkannya agar dapat dipahami dalam kedua bahasa. Anda dapat menggunakan editor gambar atau video untuk menambahkan teks terjemahan dengan mudah.

Pengaturan SEO

Mengoptimalkan setiap halaman untuk mesin pencari dalam kedua bahasa

Penting untuk mengoptimalkan setiap halaman dalam kedua bahasa agar mudah ditemukan oleh mesin pencari. Perhatikan penggunaan kata kunci yang relevan dan struktur tag HTML yang sesuai.

Penggunaan plugin SEO untuk mempermudah pengaturan

Gunakan plugin SEO yang dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan setiap halaman dalam dua bahasa. Plugin ini biasanya menyediakan fitur seperti analisis kata kunci, pengaturan meta deskripsi, dan sitemap XML.

Berikut adalah beberapa plugin SEO yang populer untuk WordPress:

1. Yoast SEO: Plugin ini merupakan salah satu yang paling terkenal dan banyak digunakan dalam mengoptimalkan SEO website. Yoast SEO menyediakan fitur analisis kata kunci, pengaturan meta deskripsi, pembuatan XML sitemap, pengelolaan tautan internal, dan banyak lagi.

2. All in One SEO Pack: Plugin ini adalah salah satu alternatif populer untuk mengoptimalkan SEO website. All in One SEO Pack menyediakan fitur seperti optimisasi meta tag, pembuatan sitemap XML, pengelolaan tautan internal, dan integrasi dengan alat analisis SEO.

3. Rank Math: Plugin ini memberikan fitur SEO yang lengkap dan mudah digunakan. Rank Math menyediakan analisis kata kunci, pengaturan meta tag, pembuatan sitemap XML, integrasi Google Search Console, dan banyak lagi.

4. SEOPress: Plugin ini menyediakan fitur SEO yang lengkap dengan antarmuka pengguna yang mudah digunakan. SEOPress menyediakan analisis konten, optimisasi meta tag, pembuatan sitemap XML, pengelolaan tautan internal, dan integrasi dengan alat analisis SEO.

5. The SEO Framework: Plugin ini menawarkan pendekatan yang ringan dan cepat dalam mengoptimalkan SEO website. The SEO Framework menyediakan fitur seperti optimisasi meta tag, pembuatan sitemap XML, pengaturan tautan kanonikal, dan integrasi dengan alat analisis SEO.

Pastikan untuk memeriksa fitur-fitur, kompatibilitas dengan tema dan plugin lain, serta ulasan pengguna sebelum memilih plugin SEO yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Uji Coba dan Pemeliharaan

Melakukan uji coba untuk memastikan semua halaman dan konten terlihat baik

Sebelum meluncurkan website, lakukan uji coba untuk memastikan bahwa semua halaman dan konten terlihat baik dalam kedua bahasa. Periksa tampilan, navigasi, dan kesesuaian konten antara kedua versi bahasa.

Memperbarui dan memelihara website secara berkala

Setelah website diluncurkan, penting untuk memperbarui dan memelihara secara berkala. Pastikan untuk memeriksa terjemahan yang baru, memperbarui konten, dan mengatasi masalah teknis yang mungkin muncul.

Kesimpulan

Membuat website dua bahasa dengan WordPress dapat memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan kehadiran digital Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membuat website yang mudah diakses dalam dua bahasa yang diinginkan. Penting untuk menjaga konsistensi, pengaturan SEO yang baik, dan memperbarui website secara teratur untuk mencapai hasil yang optimal.

 

One Comment

  1. sed dignissimos accusamus voluptatibus error et aut officia est. sequi assumenda est distinctio doloribus velit nesciunt eos impedit sunt nam id officiis dolorum. id sint assumenda et voluptatem at sed perferendis aut aspernatur praesentium dicta labore rerum enim debitis deleniti recusandae. dolorem doloremque enim deserunt ullam tempore consequatur inventore aut facilis mollitia eum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *